KH Moch Amrodji Konawi : LDII Jatim Netral Aktif di Pilgub Jatim

GRESIK,1minute.id – Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2024 memasuki masa kampanye. Pemiihan Gubernur atau Pilgub maupun Pemilihan Bupati atau Pilbup Gresik direncanakan pada 27 November 2024 mendatang. 

Bagaimana sikap Lembaga Dakwah Islam Indonesia dalam kontestasi politik lima tahunan itu? “Dalam Pemilihan Gubernur 2024 dengan sikap netral aktif, dengan tetap mendukung proses demokrasi,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah LDII Jatim Timur KH Moch Amrodji Konawi pada Selasa, 24 September 2024.

Sikap netral aktif itu diungkapkan oleh KH Moch Amrodji Konawi usai menerima tiga calon Gubernur Jatim yang berkontestasi di Pemilu 2024 di kantor Dewan Pimpinan Daerah LDII Kabupaten Gresik. Tiga Cagub Jatim itu berkunjung di acara Rapat Koordinasi Wilayah atau Rakorwil LDII.

“LDII akan bersikap netral aktif, sesuai dengan instruksi dari DPP LDII. Kami tidak terlibat dalam politik praktis, namun mendukung proses demokrasi yang sehat,” jelas Amrodji.

Amrodji menegaskan, LDII tidak mendukung kandidat tertentu, akan tetapi tetap aktif dalam mendukung proses demokrasi, sebab menurutnya netralitas LDII dalam Pilkada sudah menjadi tradisi. 

“Ketiga calon Gubernur berkunjung ke LDII seperti saat ini, menunjukkan bahwa LDII selalu terbuka untuk berdialog dengan siapa pun. Silaturahim dengan berbagai tokoh agama dan masyarakat menjadi bagian penting dari LDII,” tambahnya.

Namun demikian, Lembaga Dakwa Islam Indonesia memiliki Delapan Program yang terus digaungkan ke warganya, dan menjadi tolak ukur pihaknya dalam menentukan pilihan dalam Pemilu serentak 2024 nantinya.

Program LDII Pusat itu di teruskan hingga ke tingkat Desa, adalah Wawasan Kebangsaan, Keagamaan, Pendidikan, Ekonomi syariah, Pangan lingkungan hidup, Kesehatan pengobatan herbal, Teknologi digital, Energi terbarukan.

Disinggung kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa di lima tahun jabatannya sebagai Gubernur Jatim, Amrodji mengakui sudah baik. “Sudah baik, jadi siapapun nanti gubernur terpilih harus mengedepankan kontribusi positif,” tukasnya.

Rakorwil diikuti 350 peserta dari unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD LDII Kabupaten/Kota, pimpinan Pesantren dan Dewan Penasehat, LDII memberikan panggung ketiga bakal calon Gubernur Jawa Timur. 

Ketiga Cagub Jatim itu, nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah, nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa dan nomor urut 3 Tri Rismaharini. Ketiga Cagub Jatim itu diundang di acara Rakorwil LDII Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Gresik untuk memaparkan ide dan gagasan ketiga cagub bila terpilih menjadi Gubernur. (yad)