Ribuan Pasang Mata Saksikan Karnaval Politik, Antar Gus Yani-Dokter Alif Daftar Pilbup Gresik 2024

 GRESIK,1minute.id – Fandi Akhmad Yani-dr Asluchul Alif, mendaftar sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Gresik ke kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Pendaftaran paslon yang diusung oleh PDI-Perjuangan dan Partai Gerindra dan didukung seluruh partai politik yang memiliki kursi di parlemen Gresik dan partai non kursi ini dikemas cukup apik. Memadukan Unsur religi dan budaya. Masyarakat berjubel karena merasa aman, nyaman dan menyenangkan.

Sebab, prosesi pendaftaran dikemas seperti karnaval Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Cabup Gresik Gus Yani bersama istri, Nurul Haromaini Ali dan dokter Alif bersama dr Shinta Puspitasari memakai busana khas Gresik. 

Busana laki-laki berdasarkan Peraturan Bupati atau Perbup nomor 12/2014 tentang Pakaian Dinas Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik untuk laki-laki yakni jas lengan panjang warna putih dengan kancing warna kuning keemasan; leher berdiri dan tertutup yang terdapat tiga saku, satu diatas sebelah kiri, dan dua di bawah kanan kiri. Kemudian, celana panjang warna putih ; memakai sarung 20 centimeter diatas lutut ; lipatan sarung bagian atas tertutup jas. Paslon Cabup dan Cawabup Gresik pun terlihat gagah.

Sedangkan, busana kaum hawa Khas Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yakni kebaya lengan panjang; sarung batik; jilbab;

kurosi panjang; dan alas kaki sandal selop kulit. Busana perempuan ini membuat Ny Nurul Haromaini, istri Gus Yani dan dr Shinta Puspitasari, istri dokter Alif terlihat anggun. 

Cabup dan Cawabup Gresik beserta istri masing-masing naik kereta kecana naga yang megah dan gagah yang didatangkan dari Pulau Madura. Kereta naga itu ditarik mobil Jeep. Dibelakang kereta naga, terdapat dua mobil pikal dengan patung berbentuk Banteng milik pendukung pasangan calon. 

Di barisan depan sejumlah komunitas melakukan konvoi sepeda motor dan sepeda onthel. Kostum yang mereka pakai pun beraneka ragam. Ada kostum Dayak, ada kostum pejuang kemerdekaan dan juga memakai baju adat. Gelaran itu membuat masyarakat di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik semringah. Karena mendapatkan hiburan gratis.

Sepanjang arak-arak dari depan Pendapa Bupati Gresik di Jalan KH Wachid Hasyim sampai Kantor Komisi Pemilihan Umum Gresik sejauh 6 kilometer itu warga berjubel menikmati karnaval politik. 

Calon Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, memberikan apresiasi kepada seluruh partai politik yang memberikan dukungan untuk mengikuti konstestasi Pemilihan Kepala Daerah alias Pemilihan Bupati atau Pilbup Gresik 2024 serta masyarakat Gresik yang telah mendoakan kesuksesan pasangan calon mulai dari proses pendaftaran. 

“Kami mengusung tema karnaval, karena masih berada di bulan Agustus, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Gus Yani didampingi Cawabup Gresik dokter Alif di kantor KPU Gresik.

Gus Yani yang juga Bupati Gresik ini tradisi dan budaya khas Gresik bisa terus dilestarikan. “Saya dan Cawabup Gresik juga memakai busana khas Gresik,” katanya. (yad)