Porkab Gresik 2024 Resmi Dibuka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ajang Pencarian Talenta Olahraga menuju Porprov 2025

GRESIK,1minute.id – Event olah raga terbesar di Kabupaten Gresik kembali bergulir. Namanya Pekan Olahraga Kabupaten atau Porkab Gresik 2024. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang membuka ajang pencarian bakat di bidang olahraga itu di gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro atau WEP pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Porkab Gresik diikuti 3.599 atlet dan ofisial dari seluruh kecamatan, 18 kecamatan termasuk dua kecamatan Sangkapura dan Tambak, Pulau Bawean yang berjarak 180 mil laut dari Kabupaten Gresik. Kompetisi ini memperebut 756 medali pada 16 cabang olahraga atau cabor dengan 221 nomor yang dipertandingkan. 

Cabor yang dipertandingkan antara lain Atletik, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate. Kemudian, Futsal, Sepak Bola, Bola Voli Indoor, Tenis Meja, dan Bola Basket. Selanjutnya, e-Sport, Catur, Panjat Tebing, Renang, Panahan, Bulutangkis, dan Dancesport. Porkab digelar selama 10 hari, mulai 21 hingga 30 Agustus 2024 ini mengusung tema “Menggali Potensi Daerah Untuk Meraih Prestasi”.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Porkab 2024. Ia juga menekankan bahwa Porkab menjadi suatu pintu awal bagi para atlet untuk meraih kesuksesan.

“Mudah-mudahan lewat Porkab 2024 ini akan muncul insan-insan atlet berprestasi yang bisa berlaga di ajang provinsi maupun nasional atau bahkan internasional. Selain itu apresiasi khusus kepada para camat yang telah mendukung dalam proses tersebut di masing-masing wilayahnya,” tegas Gus Yani-sapaan akrab-Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya. 

Fandi Akhmad Yani  juga mengingatkan pentingnya jiwa sportivitas dan fair play dalam setiap cabang olahraga yang diperlombakan. Hal ini karena pada prinsipnya Porkab Gresik dihelat bukan hanya sebagai ajang untuk meraih prestasi, tetapi juga untuk mempererat persaudaraan dan persatuan sesama.

Ketua Komite Olah Nasional Indonesia atau KONI Gresik Anis Ambiyo Putri setali tiga uang dengan harapan orang nomor satu di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Anis mengharapkan gelaran Porkab Gresik 2024 ini akan memunculkan bibit-bibit atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama Gresik di Porprov ke-9 Provinsi Jawa Timur 2025.

“Porkab Gresik 2024 ini juga sebagai bentuk persiapan Tim Kabupaten Gresik dalam berlaga di berbagai kompetisi, seperti Porprov Jatim tahun 2025 yang nanti akan di gelar di Malang Raya,” jelasnya. Anis menegaskan semua atlet yang berlaga di Porkab Gresik 2024 ini juga akan dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu, para atlet bisa berlaga dan mempertunjukkan prestasi terbaiknya tanpa ada rasa khawatir.  (yad)