Yayan : HIPMI Gresik Siap Kolaborasi, Beri Pelatihan Dunia Kerja, Kurangi Penganguran 

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memiliki harapan besar kepada pengurus HIPMI Gresik periode 2024-2027. Orang nomor satu di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini berharap pengurus baru dibawah kepemimpinan Nur Rahmad Yani ini bisa mencetak banyak kader muda memiliki jiwa entrepreneur.

“Jangan berkompetisi namun harus ada kolaborasi. Adanya KEK kita bangun ekosistem agar belanja industri tetap mengedepankan kearifan lokal dan potensi yang ada di Kabupaten Gresik,” pesan Bupati Fandi Akhmad Yani saat menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau BPC HIPMI Gresik di Giriloka Ballroom Hotel Aston Inn, Gresik pada Minggu, 28 Juli 2024. 

HIPMI Gresik, ia melanjutkan, mampu menangkap potensi-potensi daerah untuk dikembangkan di bidang bisnis atau usaha. Kabupaten Gresik mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), ekosistem dunia industri kedepan mempunyai tantangan berat. 

“Ada sebuah kajian yang dilakukan oleh Litbang Universitas Indonesia (UI) yang sedang berjalan. Dalam proses kajian tersebut ada temuan menarik yang menjadi tantangan bersama. Dan kita harus punya solusi tantangan tersebut yaitu berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja,” kata sarjana ekonomi lulusan Unair Surabaya itu.

“Kita optimalkan kearifan dan potensi lokal. Untuk itu perlu adanya sinergitas antara pemerintah dan pengusaha muda terutama HIPMI di Kabupaten Gresik,” imbuhnya.

Ketua Umum BPD Hipmi Jawa Timur Rois Sunandar Maming mengatakan, Jawa Timur adalah aset HIPMI yang cukup dipandang dengan keanggotaan terbesar. Dirinya berpesan kepada BPC HIPMI se-Jawa Timur untuk mandiri dan punya nama besar di daerahnya masing masing. 

“HIPMI tidak boleh memberatkan pemerintah daerah maupun pusat. Maka perlu kolaborasi dan benar-benar bisa memberikan kontribusi dalam kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Gresik,” tandasnya. 

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Gresik Nur Rahmad Yani berkomitmen akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dan stakeholder, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Salah satu program HIPMI yaitu mengurangi angka pengangguran, berkolaborasi bersama Disnaker, Kadin, Apindo dan stakeholder. Selain itu ada pendampingan bagi teman-teman yang pelatihan masuk dunia industri,” kata Yayan-sapaan-Nur Akhmad Yani usai acara.

Sementara itu, pelantikan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau BPC HIPMI Gresik masa bakti 2024-2027 yang diketuai oleh Nur Rahmad Yani 

berlangsung khidmat. Yayan-sapaan-Nur Rahmad Yani melanjutkan kepemimpinan sebelumnya yang dipegang oleh Dimas Setyo Wicaksono yang terpilih sebagai anggota DPRD Gresik ini hasil Musyawarah Cabang V pada 05 Mei 2024. Pengurus baru ini dilantik oleh Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur Rois Sunandar Maming. (yad)