KPU Gresik Siap Melayani Pemilih Pindah Pilih Sampai H-7 Coblosan, Ini Alasannya

GRESIK,1minute.id – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik, Jawa Timur menggelar sosialisasi Layanan Daftar Pemilih Pindahan (DPTb), Pemilihan Gubernur Jatim dan Pemilihan Bupati Gresik 2024 di Hotel Santika Gresik pada Senin, 21 Oktober 2024. 

Sosialisasi ini diikuti para ketua Asosiasi Kepala Desa atau AKD, pengawas pemilu independen, serta para kepala organisasi perangkat daerah menghadirkan dua narasumber yakni Zuhri Firdaus, Divisi Pengolahan Data dan Informasi KPU Gresik dan Habibur Rohman, Koordinator Divisi Pencegahan, Humas, Parmas Bawaslu Gresik.

“Sosialiasasi salah satu ikhtiar optimalkan informasi sehingga meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Zuhri Firdaus. Dalam Pilgub Jatim dan Pilbup Gresik digelar pada 27 November 2024, penyelenggara pemilu telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap atau DPT sebanyak 971.740. Rinciannya, pemilih laki-laki 484.071 dan perempuan 487.669 orang. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara atau TPS 1.868.  “DPT ini telah ditetapkan oleh KPU Gresik pada 18 September 2024,” terang Firdaus.

Pascapenetapan DPT ditetapkan, kata Firdaus, penyelenggara pemilu membuka layanan kepada pemilih untuk pindah tempat mencoblos. Per 18 Oktober 2024 berdasarkan data yang didapat 1minute.id  sejak KPU Gresik membuka layanan DPTb masuk sebanyak 14 orang dan DPTb keluar 28 orang. “Perpindahan pemilih antarkabupaten/kota dalam satu provinsi mendapatkan 1 surat suara untuk Pemilu Gubernur,” katanya. “Sedangkan, perpindahan antardesa/kelurahan dalam satu kabupaten tetap dapat dua surat suara yakni Pulgub dan Pilbup,” imbuhnya.

KPU Gresik masih membuka layanan DPTb sampai 28 Oktober 2024 di kantor komisi di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. “KPU juga berkolaborasi dengan Didukcapil Gresik membuka layanan DPTb di Gressmall mulai 23-26 Oktober 2024 pukul 10.00 sampai 20.00 WIB,” terang Firdaus. 

Ia pun berharap masyarakat di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik bisa menggunakan kesempatan layanan DPTb sehingga tidak kehilangan hak pilih. “Meski, KPU Gresik juga tetap melayani DPTb pada H-7 pemungutan suara,” tegasnya. Layanan DPTb pada H-7 atau 20 November 2024 untuk empat alasan yakni ; menjalani rawat di rumah sakit ;  tertimpa bencana alam ;  menjadi tahanan dan pemilih menjalan tugas saat pemungutan suara.  “Kita tidak memprediksi kejadian tersebut,” tegasnya.

KPU Gresik memberikan kemudahan pemilih kepada DPTb untuk bisa menyalurkan hak politik dalam Pilgub Jatim maupun Pilbup Gresik bertujuan meningkatkan partisipasi dalam hajatan 5 tahunan ini. Berdasarkan catatan 1minute.id pada Pilkada Serentak September 2020 partisipasi pemilih di Kabupaten Gresik mencapai 82 persen. Pada Pemilu Serentak 14 Februari 2024, yakni pemilihan legislatif dan pemilihan presiden partisipasi masyarakat lebih tinggi lagi mencapai 88 persen. Capaian partisipasi pemilih dalam dua pemilu itu menjadi pekerjaan rumah bagi komisioner pemilu di Kabupaten Gresik. 

Firdaus menyebut, pihaknya all out melakukan sosialiasasi kepada masyarakat Gresik. Sosialisasi dilakukan di sekolah-sekolah untuk pemilih pemula, pemasangan umbul-umbul bahan kampanye di setiap sudut di desa/kampung di Kabupaten Gresik. “Semoga nanti bisa mencapai target mengingat kalau kita tolak ukurnya di tahun 2020 tingkat partisipasi Kabupaten Gresik itu 82% ini menjadi PR berat bagi kami apalagi Pemilu 2024 kemarin 88%,” harapnya. (yad)