Manjakan Penggemar Dinas Pertanian Gelar Expo Bonsai asli Gresik

GRESIK,1minute.id – Expo Pesona Bonsai Gresik kembali digelar di halaman Gressmall di Jalan Sumatra Gresik Kota Baru atau GKB. Plt Bupati Gresik Aminatun Habibah yang membuka langsung gelaran tahunan untuk menyemarakkan Hari Tani Nasional itu pada Selasa, 15 Oktober 2024.  

Event yang digelar hingga Rabu besok, 16 Oktober 2024 oleh Dinas Pertanian Gresik berkolaborasi dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Gresik itu diikuti 300 peserta. 

“Kabupaten Gresik merupakan salah satu sentra penghasil tanaman hias yang potensial. Salah satunya adalah tanaman bonsai, yang berada di beberapa kecamatan. Di antaranya Kecamatan Kedamean, Kecamatan Wringinanom, Kecamatan Panceng dan Kecamatan Balongpanggang,” kata Plt Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya.

Tanaman hias merupakan salah satu komoditas holtikultura yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Sehingga prospeknya sangat cerah untuk dijadikan bisnis atau peluang usaha yang menjanjikan, baik dari segi permintaan maupun harga jual. 

Plt Bupati Gresik wanita pertama dalam kurun waktu 50 tahun terakhir ini, menambahkan, bonsai bukan sekedar tanaman yang dipelihara dalam pot. Tetapi juga sebuah karya seni yang membutuhkan ketekunan, kesabaran dan kecerdasan. Melalui bonsai, kita belajar untuk menghargai proses menikmati keindahan dalam setiap detail dan merawat alam dengan sepenuh hati. 

“Pohon-pohon yang dibentuk menjadi bonsai merupakan tumbuhan yang tumbuh liar di alam, seperti serut, legundi. Ketika sudah menjadi bonsai seperti yang ada disini nantinya masyarakat teredukasi bisa memanfaatkan pohon pohon yang tadinya tidak berharga menjadi nilai ekonomi yang tinggi,” harapnya.

Ia pun mengapresiasi event yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan PPBI Gresik ini. Selain kontes ada juga pelatihan yang dipandu oleh ahli bonsai. Ini kesempatan bagi penggemar bonsai untuk belajar lebih banyak tentang teknik dan rahasia dibalik seni. 

“Burung dara burung merpati, diatas pohon terbang mengitari, melalui tanaman hias dan bonsai mari kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Bu Min-sapaan akrab – Aminatun Habibah yang saat itu didampingi Sekretaris Daerah atau Sekda Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman dan Kepala Dinas Pertanian Gresik Eko Anindito Putro itu. (yad)