Pabrik Asam Sulfat Smelter Freeport Indonesia di Gresik Terbakar

GRESIK1minute.id – Pabrik asam sulfat smelter PT Freeport Indonesia terbakar pada Senin sore, 14 Oktober 2024. Asap hitam akibat terbakarnya pabrik yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integreted Industrial and Port Estate atau KEK JIPPE di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur terlihat hingga radius 2 kilometer.

Dalam video yang beredar di sejumlah  WhatApps Grup atau WAG kebakaran terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Dalam video terdengar suara ledakan cukup keras. Ledakan itu membuat sejumlah pekerja panik. Pekerja yang memakai seragam lapangan atau wearpack yang populer dengan sebutan katelpak bergegas dievakuasi menggunakan bus menuju tempat aman. 

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia atah PTFI Katri Krisnati membenarkan adanya kejadian kebakaran di Pabrik Asam Sulfat Smelti PTFI. Tim tanggap darurat PTFI bergerak cepat menangani dan sedang berusaha memadamkan api tersebut. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Keselamatan para karyawan merupakan prioritas kami,” kata Katri Krisnati melalui pesan WAG pada Senin, 14 Oktober 2024.

Kebakaran pabrik asam sulfat smelter PTFI ini terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Pabrik ini diresmikan oleh Presiden Joko Wudodo atau Jokowi pada 23 September 2024. Pabrik smelter terbesar di dunia direncanakan berproduksi secara penuh akhir Desember 2024 mendatang. (yad)