Besok mulai Masa Kampanye,KPU Gresik Gelar Deklarasi Kampanye Damai dan Doa Bersama

GRESIK,1minute.id – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik menggelar  Deklarasi Kampanye Damai dan Doa Bersama Pilkada Serentak 2024 di Hotel Aston pada Selasa malam, 24 September 2024.

Kegiatan untuk menyambut salah satu tahapan kampanye Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jatim dan Pemilihan Bupati alias Pilbup Gresik dihadiri Cawabup Gresik nomor urut – 1, dr Asluchul Alif, pengurus 17 partai penyokong, dan tokoh masyarakat.

Ketua KPU resik Akhmad Taufik mengingatkan kepada pasangan calon atau Paslon Bupati dan Wakik Bupati Gresik nomor urut-1, Fandi Akhmad Yani – dr Asluchul Alif untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama proses pilkada. “Deklarasi damai bukan sekedar simbolis.Melainkan wujud nyata kesepakatan bersama untuk menjaga keamanan tetap kondusif, bersih dan jauhkan tindakan yang bisa memecahbelah masyarakat,” tegas Akhmad Taufik. 

Kampanye damai, imbuhnya,  adalah pondasi untuk memastikan bahwa pilkada benar-benar menjadi ajang partisipasi masyarakat untuk memilih pemimpin terbaik yang dicintai oleh masyarakat. “Kepada paslon dan para pendukung saya ingatkan sekali lagi bahwa kampanye tetap dilaksanakan dengan penuh tunggungjawab. Jadikan momen ini (kampanye) sebagai kesempatan untuk mengenalkan program terbaik. Dan memberi ruang masyarakat untuk mengawasi visi dan misinya,” ujarnya.  

Penyelenggara coblosan pada 27 November 2024, juga mengajak seluruh masyarakat dan semua yang terlibat mulai dari aparat keamanan, media hingga tokoh masyarakat untuk bersama-sama mengawal jalannya pilkada dengan semangat berdemokrasi. “Mari kita jaga suasana damai nan harnomis dengan menghindari segala bentuk provokasi, hoaks, dan ujaran kebencian yang dapat merusak tatanan,” katanya. 

Sementara itu, Cawabup Gresik dr Asluchul Alif dengan tegas mengatakan, dirinya bersama Cabup  Gresik Fandi Akhmad Yani akan senantiasa mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh KPU yaitu PKPU 13/2024. “Demokrasi di Gresik yang sudah sangat kondusif akan kita jaga. Semoga sampai 27 November dan setelahnya, sampai Allah menentukan dan menetapkan siapa pun yang akan dilantik menjadi Bupati dan Wabup Gresik periode 2024-2029 tetap damai dan kondusif,” tegas Alif yang juga DPC Partai Gerindra Gresik itu. 

Sebab, kata direktur RS Fathma Medika Manyar, itu bersama Cabup Fandi Akhmad Yank memiliki mimpi besar untuk membuat warga kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yang berjumlah 1,3 juta semringah. “Kita memimpikan masyarakat Gresik bisa tertawa bahagia,” tegasnya. 

Lalu apa saja isi naskah Deklarasi Kampanye Damai Pilbup Gresik 2024? Naskah deklarasi kampanye damai yang dibacakan oleh Ketua KPU gresik Achmad Taufik itu terdapat tiga poin. Berikut isinya :  Kami Bupati dan Wakil Bupati, Partai Politik pengusul beserta tim Kampanye dan para pendukung berjanji : 

1. Mewujudkan Pemilihan yang Langsung Umum,  Bebas, Rahasia,  jujur dan adil

2. Melaksanakan Kampanye Pemilihan yang Aman , Tertib,  Damai dan Berintegritas,  Tanpa Hoaks,  Tanpa Politisasi SARA dan Tanpa Politik Uang

3. Melaksanakan Kampanye Pemilihan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan. (yad)