Hanya Satu Paslon, KPU Gresik Perpanjangan Masa Pendaftaran hingga 1 September 

GRESIK,1minute.id – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik memperpanjang masa pendaftaran pasangan calon atau paslon untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Bupati atau Pilbup Gresik 2024.

Masa injuri time selama 3 hari, mulai Jumat, 30 Agustus hingga Ahad, 1 September 2024. Perpanjangan masa pendaftaran itu dilakukan dikarenakan sampai berakhir masa pendaftaran pada Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB hanya ada satu paslon yang mendaftar, yakni Fandi Akhmad Yani  dengan Asluchul Alif Maslichan

Menurut Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik,  perpanjangan masa pendaftaran itu, merujuk pada Pasal 134 PKPU 2024. Jika hanya ada satu paslon maupun menyisakan partai politik peserta pemilu yang belum mengusulkan pasangan calon maka KPU mempertimbangkan untuk memperpanjang masa pendaftaran Pilbup Gresik.

“Sampai penutupan pendaftaran hanya Yani-Alif yang mendaftar. Sehingga, masa pendaftaran di perpanjangan selama 3 hari, sampai 1 September 2024,” kata Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik kepada 1minute.id pada Jumat, 30 Agustus 2024. 

Berdasarkan hasil penelitian dan verifikasi berkas kelengkapan pendaftaran paslon Yani-Alif mendapatkan delapan rekomendasi dari parpol yang memiliki kursi di DPRD Gresik. Rinciannya, dua parpol pengusung dan enam parpol yang mendukung. “Yang masuk ke kami hanya 8 parpol kang,” tegasnya. 

Untuk diketahui,  kontestasi pemilihan legislatif atau Pileg 2024 diikuti 18 parpol di Gresik. Hasil coblosan yaitu, PKB dengan 14 kursi ; Gerindra (10) ! PDI-Perjuangan (9) ; Partai Golkar (6); Partai Demokrat (3), PPP (3) ; PAN (3) dan NasDem (2). Paslon Yani-Alif mendapatkan diusung dan didukung 8 parpol yang memiliki 50 kursi atau seluruh kursi di DPRD Gresik. Sedangkan, 10 parpol lainnya tidak mendapatkan kursi.  

Pada pendaftaran Pilbup Gresik pada 27 Agustus 2024, para ketua parpol non parlemen turut mengantarkan Yani-Alif mendaftar ke kantor KPU Gresik yang berada di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas. Bahkan, para ketua parpol berada dalam satu ruangan pendaftaran. (yad)