Ziarah ke Makam Waliyullah Dulu, Lalu Paslon Cabup Gus Yani-Cawabup Dokter Alif Daftar Pilbup Gresik ke KPU

GRESIK,1minute.id – Pasangan Calon Bupati atau Cabup dan Calon Wakil Bupati alias Cawabup Gresik, Fandi Akhmad Yani-dr Asluchul Alif mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Paslon yang diusung oleh PDI-Perjuangan dan Partai Gerindra dan didukung oleh seluruh partai yang memiliki kursi di parlemen, DPRD Gresik dan partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Gresik ini mendaftar di hari pertama, KPU membuka pendaftaran pada Selasa, 27 Agustus 2024. 

Pendaftaran di kemas cukup apik. Menyajikan unsur religi dan hiburan rakyat alias karnaval politik. Sebelum melakukan pendaftaran, paslon Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani dan dr Asluchul Alif atau dokter Alif melakukan ziarah ke makam Waliyullah yakni Sunan Maulana Malik dan Habib Abubakar Assegaf. 

Paslon mengenakan baju khas Gresik. Busana laki-laki berdasarkan Peraturan Bupati atau Perbup  nomor 12/2014 tentang Pakaian Dinas Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik untuk laki-laki yakni jas lengan panjang warna putih dengan kancing warna kuning keemasan; leher berdiri dan tertutup yang terdapat tiga saku, satu diatas sebelah kiri, dan dua di bawah kanan kiri. Kemudian, celana panjang warna putih ; memakai sarung 20 centimeter diatas lutut ; lipatan sarung bagian atas tertutup jas. Paslon terlihat gagah.

Sedangkan, busana kaum hawa Khas Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yakni kebaya lengan panjang; sarung batik; jilbab;

kurosi panjang; dan alas kaki sandal selop kulit. Busana perempuan ini membuat Ny Nurul Haromaini, istri Gus Yani dan dr Shinta Puspitasari, istri dokter Alif terlihat anggun. 

Kali pertama mereka ziarah ke makam Maulana Malik Ibrahim di Jalan Malik Ibrahim, Desa Pulopancikan, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Ziarah dilanjutkan ke makam Habib Abubakar Assegaf berada di Kompleks Masjid Jamik Gresik di Jalan KH Wachid Hasyim, Alun-alun Gresik. 

ZIARAH : Paslon Cabup Gresik Fandi Akhmad Yani( kiril dan Cawabup Gresik dr Asluchul Alif (kanan ) usai ziarah ke Makam Habib Abubakar Assegaf sebelum mendaftar ke KPU Gresik pada Selasa, 27 Agustus 2024 (FOTO: chusnul cahyadi/1minute.id)

Usai ziarah, paslon Gus Yani dan dokter Alif diajak dengan iringan rekana menuju depan Pendapa Bupati Gresik yang jarak sekitar 200 meter. Ribuan pasang mata memenuhi sepanjang jalan itu. Laki-laki maupun perempuan. Orang tua hingga anak-anak. Sesekali mereka meminta foto bersama maupun bersamaan dengan kedua tokoh muda di Kota Santri itu. Gus Yani dan dokter Alif melayani warga keinginan warganya tersebut. 

Antusiasme masyarakat itu, membuat Gus Yani dan dokter Alif merasa terharu. Senang hingga kelopak matanya berkaca-kaca. “Doakan Saya dan dokter Alif dalam menjalankan amanah kedepan semakin memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gresik,” kata Gus Yani didampingi dokter Alif.

Pada kesempatan, Gus Yani yang juga Bupati Gresik saat ini, juga memberikan apresiasi kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. ‘Beliau orang terbaik. Ibu kita. Semoga sehat terus, sukses , berkah seluruh keluarganya. Beliau saat ini berdoa untuk kita, untuk masyarakat Gresik,” katanya. 

Usai menyapa masyarakat, Gus Yani dan dokter Alif kemudian naik keatas kereta kencana naga yang didatangkan dari Pulau Madura. Sedangkan, Ning Nurul dan Shinta, naik kereta kencana naga lainnya. (yad)