Visi Membangun Gresik, Semua Parpol di Gresik Mendukung Paslon Gus Yani-Dokter Alif

GRESIK,1minute.id – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Gresik membuka pendaftaran calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Gresik mulai  27-29 Agustus 2024. 

Pasangan Cabup-Cawabup Gresik. Fandi Akhmad Yani-dr Asluchul Alif yang mendaftar pada hari pertama, Selasa, 27 Agustus 2024. Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani diusung oleh PDI-Perjuangan dengan 9 kursi. Sedangkan, dr Alif, sapaan Asluchul Alif diusung oleh Partai Gerindra memiliki 10 kursi. Paslon ini memiliki 19 dari 50 kursi di DPRD Gresik. 

Selain dua partai pengusung itu, Gus Yani yang juga Bupati Gresik dan dr Alif yang ketua DPC Partai Gerindra itu di dukung enam partai lain yang memiliki kursi di parlemen yang berkantor di Jalan KH Wachid Hasyim, Gresik. Enam partai pendukung Gus Yani-Dokter Alif itu adalah PKB dengan 14 kursi ; Golkar (6) ; Partai Demokrat (3), PPP (3) ; PAN (3) dan NasDem (2).  Artinya dengan dukungan enam parpol itu, seluruh anggota DPRD yang berjumlah 50 orang itu memberikan dukungan kepada Gus Yani-dokter Alif. 

Selain partai yang ada di parlemen, partai politik yang tidak memiliki perwakilan di DPRD Gresik juga merapat ke paslon Gus Yani-dokter Alif ini. Secara perhitungan matematika coblosan Pemilihan Bupati atau Pilbup Gresik pada 27 November 2024 hanya ada satu kandidat paslon yakni Gus Yani-dokter Alif. Paslon ini dimungkinkan akan melawan bumbung kosong. 

“Saat ini, semua parpol memberikan dukungan kepada Gus Yani-dokter Alif. Pendaftaran masih tersisa dua hari. Pendaftaran paslon sampai 29 Agustus,” ujar Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Gus Yani mengatakan, bergabungnya semua partai politik ini karena mereka memiliki visi sama, yakni membangun Gresik. ‘Semangat yang sama membangun Gresik,” kata Gus Yani didampingi Cawabup Gresik dokter Alif. 

Gus Yani meminta doa dan dukungan kepada masyarakat, ñagar pelaksanaan kontestasi Pilbup Gresik 2024 bisa berjalan aman, nyaman sehingga kondisi kamtibmas tetap kondusif. (yad)