Gresik Kini Memiliki Spot Sport Center, Fasilitas apa yang Bisa Dinikmati Warga

GRESIK,1minute.id – Gresik kini memilikk sport center. Pusat olahraga itu  berada di kompleks Stadion Gelora Joko Samudro alias Gejos. Bupati Gresik Fandi Akhmad yang melakukan soft opening sport center berada di Jalan Veteran, Desa Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik pada Ahad malam, 18 Agustus 2024.

Soft launching bertajuk Gejos 17-an itu dibarengkan dengan pengenalan line up pemain dan jersey terbaru klub sepakbola kebanggaan masyarakat Gresik, Gresik United. Ke depan setelah proses revitalisasi selesai, Gelora Joko Samudro akan dijadikan home base Gresik United. Acara itu dimeriahkan oleh Padi Reborn ini dipusatkan di lapangan latihan bola di  dalam kompleks stadion itu meriah.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani  mengucapkan apresiasi kepada berbagai pihak yang sudah bersama-sama dalam proses revitalisasi tersebut. Apresiasi ini ditujukan baik kepada pemerintah pusat, maupun dinas terkait di Kabupaten Gresik yang sudah bersinergi dalam proses revitalisasi.

“Apresiasi kepada Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Kabupaten Gresik sudah bersama-sama pemerintah pusat sudah dengan luar biasa melakukan revitalisasi yang luar biasa,” puji Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani.

Ia hadir bersama Wakil Bupati  Gresik Aminatun Habibah, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Kapolres Gresik AKBP Arief Kurniawan dan manajemen Gresik United lainnya. 

Gus Yani melanjutkan harapan ke depan  bahwa Gelora Joko Samudro tidak hanya menjadi tempat berolahraga, tetapi juga menjadi pusat aktivitas sosial yang dapat menghubungkan berbagai kalangan masyarakat. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Gresik untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di Gelora Joko Samudro Sport Center ini dengan sebaik-baiknya, baik untuk kegiatan olahraga keluarga, kegiatan sekolah, maupun aktivitas sosial lainnya. 

SOFT LAUNCHING: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyapa warga dalam soft launching Sport Center Gelora Joko Samudro pada Ahad malam, 18 Agustus 2024 ( Foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

“Sudah jalan-jalan disini? besok pagi mau olahraga bareng? Silahkan joging bareng-bareng disini,” ajaknya kepada ribuan pasang mata yang memenuhi lapangan bola itu.

Gelora Joko Samudro Sport Center di revitalisasi sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dengan menggunakan dana dari Kementerian PUPR RI. Di Indonesia ada tujuh stadion yang dilakukan revitalisasi. Salah satunya adalah stadion Gejos. Revitalisasi ini, diharapkan bisa mendukung percepatan perkembangan sepak bola di Indonesia pun juga menjamin keamanan pengunjung Gelora Joko Samudro Sport Center.

Pasca di revitalisasi dengan apik, Gelora Joko Samudro Sport Center dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang memenuhi standar FIFA, seperti rumput stadion berkualitas tinggi, pemasangan kursi single seat sebanyak 22.272 unit, serta lampu FOP berteknologi LED.

Selain itu, fasilitas lainnya seperti layar skor raksasa, bench pemain, dan sistem mekanikal, elektrikal, serta plumbing juga telah ditingkatkan guna memastikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengunjung. Rencananya, pembukaan secara penuh dijadwalkan pada Bulan Oktober 2024 bertepatan dengan selesainya keseluruhan proses revitalisasi.

Disamping itu, dalam disampaikan Bupati Yani bahwa dalam pengerjaannya revitalisasi Gelora Joko Samudro Sport Center ini juga tetap mengikutsertakan masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari anak-anak muda.

“Salah satunya adalah proses mural tembok di Gelora Joko Samudro yang akan melibatkan seniman-seniman dan anak-anak sekolah di Kabupaten Gresik. Semuanya kita libatkan dalam proses revitalisasi Gelora Joko Samudro ini,” pungkasnya. (yad)