Hutan Bambu di Kampung Sawo, Gresik Terbakar 

GRESIK,1minute.id – Hutan bambu di kampung Sawo di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik terbakar pada Jumat, 9 Agustus 2024. Kebakaran yang diduga berawal pembakaran sampah itu sempat menimbulkan kepanikan warga setempat. 

Beruntung, petugas dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkarmat Gresik cepat tiba di tempat kejadian kebakaran atau TKK. Menurut cerita warga kebakaran hutan bambu terjadi pada Jumat, 9 Agustus 2024 sekitar pukul 10.05 WIB. 

Pagi itu, mayoritas penghuni laki-laki di kampung Sawo Jalan Mayjend Sungkono, Kebomas sedang bekerja. Tiba-tiba api muncul dari tumpukan daun kering bambu. Tidak diketahui siapa yang membakar sampah daun itu. Tiupan angin membuat lidah api cepat membesar dan mengarah ke rumah warga setempat. 

Farah, salah satu warga Kampung Sawo pun panik. Ia pun berteriak kebakaran…kebakaran…kebakaran.  Teriak itu bagaikan suara kentongan tanda bahaya membuat warga semburat keluar rumah. Sejumlah warga memcoba memadamkan amuk api dengan menyiram air menggunakan ember. Sebagain lagi, meminta bantuan Damkar Gresik melalui sambungan telepon call center 112.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkarmat Gresik Suyono mengatakan, pihaknya mengerahkan 7 personel dengan mengendarai satu unit mobil Damkar dan satu unit mobil sumpai air. “Kami butuh waktu hampir 1 jam untuk memadamkan api,” kata Suyono pada Jumat, 9 Agustus 2024. 

Ia melanjutkan tidak korban dalam kebakaran itu. “Api bisa kami padamkan bersama  warga sebelum merembet ke rumah warga,” terang mantan Asisten bidang Pemerintahan Setkab Gresik itu. Suyono menghimbau kepada semua warga di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik untuk tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi, saat ini musim kemarau sehingga rawan menimbulkan kebakaran. (yad)