Jaga Kondusif Kamtibmas, Kapolres Gresik Perintahkan Anggota Intensifkan Patroli dan Razia

GRESIK,1minute.id – Anggota Polres Gresik bakal tidak bisa leha-leha lagi. Sebab, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas di wilayah hukum Polres Gresik ditengarai cenderung meningkat. 

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom memerintahkan kepada seluruh anggotanya untuk rajin patroli. Patroli konvensional maupun patroli cyber. Bahkan, bila dianggap potensi menimbulkan ancaman, mantan Kapolres Blitar itu, memerintahkan untuk melakukan razia dengan melakukan penggeledahan. 

“Meningkatkan patroli pada hari libur harus diintensifkan, patroli rutin harus dilakukan pagi, siang, dan malam hari, Patroli blue light harus dioptimalkan,” ujar Kapolres AKBP Aditya Panji Anom saat memimpin apel pagi di halaman Mapolres Gresik pada Senin, 26 Mei 2024.

Apel pagi itu, ikuti anggota dari semua satuan kerja yakni Bagian Operasional atau Bag Ops ; Bagian Sumber Daya (Bag Sumda) ; dan Satuan Lalu Lintas atau  Sat Lantas. 

Kemudian, Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) ; Satuan Narkoba (Sat Narkoba) ; Satuan Reserse Kriminal atau Sat Reskrim dan 

Satuan Samapta Bhayangkara alias Sat Sabhara.

“Lakukan juga razia komunitas yang meresahkan masyarakat dengan mendatangi dan memeriksa mereka. Tak kalah penting untuk meningkatkan Patroli Cyber,” imbuh perwira dua melati di pundak itu.

Menurutnya, melakukan patroli cyber di media sosial untuk mencari informasi yang dapat menjadi bahan acuan patroli.

Ia pun hakil yakin, bahwa langkah-langkah, pre-emtif dan preventif ini akan efektif dalam mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas di wilayah Gresik. Kapolres Aditya Panji Anom juga meminta kepada seluruh personelnya untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

Lebih lanjut, ia juga memberikan penekanan khusus terkait penanganan kasus pencurian dengan pemberatan atau curat ; pencurian dengan kekerasan atau curas dan pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yang lazim disebut 3-C itu.

Kegiatan dalam menjaga Kamtibmas di Kotta Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik itu akan bisa maksimal, lanjutnya, bila selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti TNI, Satpol PP, dan Linmas.

Menjalin kerjasama dan sinergi dari seluruh personelnya, Kamtibmas di wilayah Gresik dapat terjaga dengan baik. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas dengan melaporkan segala bentuk gangguan Kamtibmas kepada pihak berwajib. (yad)