SISI Raih BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024, Bisnis Teknologi Informasi dan Shared Services

GRESIK,1minute.id – PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memboyong penghargaan The Most Promising Company In Tactical Marketing pada ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024 di Jakarta. 

SISI dinilai berhasil mengelola strategi pemasaran secara efektif melalui optimalisasi saluran digital dan pendekatan customer experience, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan pelanggan dan pendapatan.

Penghargaan diserahkan oleh Dewan Juri BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024 Sulistiyo Wimbo Hardjito kepada Direktur Utama SISI Achmad Tholchah di Jakarta pada Rabu, 15 Mei 2024.

Direktur Utama SISI Achmad Tholchah mengatakan, kemampuan dan pengalaman dalam mengelola sistem Information and Communication Technology (ICT) di SIG Group, mendorong SISI untuk mengembangkan bisnisnya dengan mengakuisisi pelanggan baru di luar SIG Group. 

SISI terus memperhatikan kebutuhan industri yang terus berkembang agar adaptif dan mampu menghadirkan solusi ICT yang inovatif, sekaligus sebagai landasan dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

”Penghargaan ini merupakan hasil kerja seluruh manajemen dan karyawan SISI serta dukungan penuh dari SIG selaku holding company,” kata Achmad Tholchah.

“SISI berkomitmen untuk terus berinovasi menghadirkan solusi ICT yang memberikan kemudahan dan membantu industri mencapai efisiensi, serta layanan yang unggul untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, guna mengakselerasi pencapaian bisnis ke depannya,” lanjutnya.

SISI merupakan anak usaha SIG yang didirikan pada 2014 sebagai pengelola sistem ICT di lingkungan SIG Group. Seiring meningkatnya kebutuhan industri terhadap layanan ICT, pada 2017 SISI memulai inisiatif untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggarap pasar di luar SIG Group. 

Perjalanan bisnis SISI memasuki babak baru pada 2022, di mana SISI semakin gencar bergerak keluar untuk mengakuisisi lebih banyak pelanggan dengan menawarkan tiga produk layanan, antara lain Shared Services, Digital Solution, dan System Integrator.

Shared Services merupakan solusi end-to-end pengelolaan proses bisnis berbasis digital. Layanan ini bekerja secara terpusat dengan mengkonsolidasikan aktivitas operasional bisnis perusahaan yang bersifat transaksional. 

Sementara Digital Solution meliputi layanan Software as a Service (SaaS), seperti ERP (Enterprise Resource Planning), Point of Sales, CRM (Customer Relationship Management), HR (Human Resource Management), dan ESS (Employee Self-Service). 

Adapun layanan System Integrator berupa pemenuhan solusi ICT, mulai dari consulting, software development, hingga penyediaan hardware-software.

Layanan consulting, FORCA (InFORmation Capital) ERP, HR dan ESS, adalah produk layanan unggulan SISI yang banyak diminati oleh pelanggan korporasi. ERP sendiri adalah sistem yang mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis utama dalam sebuah perusahaan, mencakup manajemen produksi, proyek, keuangan, administrasi, dan lainnya. 

FORCA HR adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi proses bisnis SDM (Sumber Daya Manusia). Sedangkan ESS adalah mobile application yang memungkinkan karyawan melakukan berbagai tugas administratif secara mandiri, seperti absensi, hingga pengajuan cuti dan lembur.

Menurut Achmad Tholchah, dalam aktivitas pemasaran, SISI tidak hanya memaksimalkan saluran digital dan direct selling terhadap calon pelanggan, tetapi juga aktif dalam sejumlah komunitas dan forum. SISI yang berorientasi terhadap kepuasan pelanggan, terus meningkatkan kapabilitas agar dapat mengatasi kendala yang dihadapi oleh pelanggan secara komprehensif. Dengan pelayanan yang unggul, SISI berharap dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan (customer experience) dan menjaga trust level sehingga menjadi rekomendasi dan referensi bagi calon pelanggan lainnya.

”Atas upaya yang telah dijalankan, pada 2023 SISI berhasil mencatatkan peningkatan total pelanggan sebesar 50%. Adapun pelanggan dari perusahaan swasta meningkat 75%. Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan, SISI juga berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 20% dari internal SIG Group, sementara dari luar SIG Group naik sebesar 35%,” ujar Achmad Tholchah.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, sebagai holding company SIG mengapresiasi sejumlah pencapaian yang berhasil diraih oleh SISI. ”Dengan semangat untuk terus berinovasi serta penguatan kolaborasi dan sinergi, semoga SISI dapat terus bertumbuh dengan capaian-capaian membanggakan di tahun-tahun mendatang,” kata Vita Mahreyni. (yad)